Sunday, May 28, 2023

Tips Merawat Sepatu Kulit

Tips Merawat Sepatu Kulit

 

Sepatu kulit merupakan salah satu jenis sepatu yang paling populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Namun, sepatu kulit memerlukan perawatan yang tepat agar tetap awet dan tahan lama. Perawatan sepatu kulit tidaklah mudah jangan asal membersihkan sepatu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, karena sepatu kulit adalah sepatu yang esensial untuk dimiliki. Menggunakan sepatu kulit tentunya akan menambah penampilan lebih keren. Sepatu dengan bahan kulit asli biasanya relatif mahal. Maka dari itu mesti menggunakan perawatan yang khusus, agar tidak cepat rusak. 

 

Ketahui Jenis Kulit

Ketahuilah terlebih dahulu jenis kulit yang akan kamu rawat, karena beda jenis kulit beda juga cara membersihkannya. Bahan kulit memiliki banyak variasi dari kelembaban, ketahanan dan keelastisannya yang berbeda-beda. Bahan kulit yang lebih baik adalah full grain karena keelastisan dan ketahanannya. Karakter full grain sendiri memiliki permukaan yang lebih kasar. Apabila melakukan perawatan yang benar, sepatu tersebut bisa bertahan lebih lama.

Berikut adalah beberapa tips merawat sepatu kulit:

 

Tips Merawat Sepatu Kulit

 

  1. Bersihkan Dengan Lotion Khusus

Untuk membersihkan sepatu kulit, gunakan lotion khusus yang dirancang untuk sepatu kulit. Bersihkan sepatu dengan lembut menggunakan kain lembut atau spons. Hindari menggunakan air atau sabun yang dapat merusak kulit sepatu.

 

  1. Hindari Sepatu Kulit Dari Tempat Lembab

Sepatu kulit sangat rentan terhadap kelembaban, sehingga sebaiknya jangan menyimpan sepatu kulit di tempat yang lembab atau terkena sinar matahari langsung karena akan membuat sepatu kulitnya kering dan retak. Gunakan gel silika untuk menjaga kelembapan di dalam kotak sepatu.

 

  1. Gunakan Gel Silica

Kamu bisa menambahkan gel silica di tempat penyimpanan sepatunya. Gel silica akan menyerap kelembaban udara yang ada di tempat penyimpanan tersebut, Sehingga kamu tidak perlu khawatir karena udara yang ada di tempat sepatumu sudah mesti terjaga dan tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

 

  1. Rajin Menyemir Sepatu Kulit

Semir sepatu kulit dapat membantu menjaga kulit sepatu tetap lembut dan mengkilap. Pilih semir sepatu kulit yang sesuai dengan warna sepatu dan gunakan sikat atau kain lembut untuk menggosok sepatu setelah dioleskan semir. Selain itu, semir bisa membuat tampilan dan warna sepatu lebih muncul.

 

  1. Simpan Yang Rapi

Menyimpan sepatu jalan asal dimana saja, usahakan selalu tertata rapi. Berikan jarak dengan sepatu lainnya, karena bisa menimbulkan gesekan jika berdempetan dengan sepatu lain yang akan membuat sepatu kulit baret.

Jika perlu gunakan pengganjal khusus untuk mempertahankan bentuknya. Bisa gunakan kayu aras sebagai pengganjalnya, karena kayu aras dapat menyerap kelembaban dan serangan dari ngengat.

 

  1. Keluarkan Sepatu Secara Berkala

Keluarkan sepatu kulit dari kotak atau dari tempat penyimpanan setidaknya dua minggu sekali untuk menjaga kelembaban di dalam sepatu. Jangan biarkan sepatu kulit terlalu lama disimpan karena dapat membuatnya cepat rusak dan aus.

 

  1. Jangan Bungkus Sepatu Menggunakan Plastik

Menyimpan sepatu kulit dalam plastik dapat membuatnya cepat rusak dan aus. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyimpan sepatu kulit dalam plastik. Gunakan kotak sepatu atau rak sepatu yang dapat menjaga sepatu kulit tetap kering dan terlindungi dari debu dan kotoran.

 

Itulah beberapa tips merawat sepatu kulit agar tetap awet dan tahan lama. Dengan merawat sepatu kulit dengan baik, Anda dapat memperpanjang umur sepatu dan menghemat uang untuk membeli sepatu baru. Selamat mencoba!

 

No comments:

Post a Comment

enforceA e-meterai, Fitur Baru untuk Memudahkan Urusan Anda

Meterai merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia profesional. Meterai memegang peranan penting sebagai penanda keabsah...